Cloud Service Untuk Aplikasi Mobile

cloud-arsitektur-parse-com-300x235Tujuan utama dibuatnya aplikasi berbasis mobile adalah untuk memberikan pengalaman kepada pengguna dapat memanfaatkannya secara lebih ringkas, cepat dan mudah pemakaian. Aplikasi mobile yang berbasis Cloud service atau memanfaatkan database internet, memungkinkan konten atau berita pada aplikasi dapat diupdate secara berkala. Layaknya aplikasi web untuk browser/desktop.

Saat ini ada dua jenis tipe aplikasi yang dikembangkan menggunakan service web, yaitu:

  1. Aplikasi web yang dapat diakses melalui mobile (Aplikasi mobile dengan basis web)
  2. Layanan web yang dapat diakses melalui desktop (Aplikasi desktop dengan basis web)

Untuk dapat memanfaatkannya, kedua jenis aplikasi berbasis web service tersebut harus menggunakan internet. Dari sisi developer, para perancang aplikasi berbasis web tentunya juga harus memikirkan arsitektur data internet yang mumpuni dan berkualitas. Merancang aplikasi mobile berbasis web atau cloud tidaklah mudah, karena membutuhkan pengujian pada perangkat mobile bersangkutan.

Penyedia arsitektur Cloud Service yang dapat dimanfaatkan oleh developer mobile untuk menyokong perancangan mobile app cukup banyak saat ini. Beberapa diantaranya akan saya bahas sedikit di sini. Dan dari beberapa penyedia tersebut, rata-rata penyedia arsitektur Cloud Service tidak memberikannya secara cuma-cuma. Sistem PRICING (penggunaan dan bayar) banyak dipakai di dalamnya. Berikut adalah beberapa Cloud Service yang dapat dipakai mengembangkan aplikasi mobile :

Windows Azure Mobile Service

Windows Azure

Mobile Cloud Service buatan Microsoft ini memungkinkan kita dengan cepat untuk dapat membangun aplikasi mobile. Kelebihannya adalah support beberapa platform (Android, Windows Phone, iOS, dan HTML5).

Parse.com

ParseParse.com mendukung platform iOS, Android, Windows Phone, maupun Javascript. Cloud Service ini terkenal handal dan banyak dipakai developer berbasis iOS atau iPhone.

Jaystorm (Jaystack)

JaystackJaystack mempunyai spesialisasi mobile service khususnya dengan basis javascript dan HTML5, seperti PhoneGap.

Kinvey

kinveyKinvey menyediakan fasilitas Backend as a Service yang memudahkan developer membuat, mengatur, dan mengoperasikan backend service bagi aplikasi mobile.

Storage Room

storageroomStorage Room menyediakan servis dengan antarmuka berbasis web. Untuk menampilkan data dari Storage Room, developer dimudahkan untuk memanfaatkan JSON-API yang dimiliki penyedia servis ini.

Selain menggunakan beberapa cloud storage service di atas, developer juga bisa memanfaatkan serves hosting pribadi untuk membuat cloud service. Cara ini merupakan alternatif bila mana kita membutuhkan cloud storage dengan biaya yang minimal

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s