Belajar Pemprograman HTML5 Dasar

Mungkin ini sudah banyak diketahui oleh kalian semua, namun tidak bisa dipungkiri masih banyak rekan2 kita yang masih belum memahami dan mengetahi dengan baik apa itu HTML5, dimulai dari mana belajarnya. semoga tulisan singkat ini dapat menambah wawasan khususnya rekan2 yang baru melakukan proses belajar pemrograman HTML.
Belajar HTML5, ini kunci dasar jika anda ingin menjadi seorang programmer Web. Pada dasarnya HTML memiliki fungsi sebagai bahasa yang digunakan untuk menampilkan sebuah data ke web browser anda. Kepanjangan HTML sendiri adalah Hypertext Markup Language.
Selain aplikasi desktop, saat ini hampir semua perangkat user interface seperti mobile phone, tablet dan sebagainya telah support dengan HTML5, dan hampir semua platform telah mendukung HTML5 untuk berjalan di aplikasinya.

Sampai saat ini para pengembang bahasa pemprograman ini mencapai pada versi HTML5. Ada beberapa hal yang diubah dapa HTML versi 5 ini, dan untuk apa saja sintaks yang dirubah pada HTML versi 5 ini dari HTML versi-versi sebelumnya nanti akan saya bahas di bab selanjutnya.

Saat ini, saya akan mencoba untuk memperkenalkan kepada kamu-kamu semuanya tentang cara penulisan HTML5 secara dasar. Seperti bahasa pemprogamanan lainnya, HTML juga memiliki aturan-aturan sintak yang harus diikuti.

Cara menuliskan sintak HTML adalah awali dengan tag pembuka dan siakhiri dengan tag penutup. Contoh :
<html> value </html>
<html> adalah tag pembuka dari sintak penulisan bahasa pemprogramanan HTML dan jangan lupa selalu gunakan tag penutup. Sebagai contoh kita akan mencoba membuat satu halaman dengan menggunakan HTML5 dasar. Perhatikan langkah-langkahnya di bawah ini :
1. Buka Notepad atau Notepad++ anda,
2. Silahkan ketikkan atau Copas saja script di bawah ini :

<!DOCTYPE HTML>
<html>
<head>
<titile> Belajar HTML5 Dasar </title>
</head>
<body>
Hallo Mas Idris, Apa kabar? Heheheh
</body>
</html>

3. Simpan file anda dengan nama belajar.html

Kalo sudah, silahkan buka file belajar.html di browser anda atau dengan cara klik dua kali saja.

Nah, bagaimana, mudah kan? Untuk mengetahui apa sih maksut dari sintak-sintak di atas? Mari kita ulas sebentar di bawah ini.

Seperti yang saya sudah sampaikan di atas, kalu HTML adalah bahas pemprograman yang digunakan untuk menampilkan data dan menggunakan sintak HTML itu ada caranya dan aturannya :


– Baris Pertama : <!DOCTYPE HTML>
ini sebenarnya hanya sebagai penanda bahwa versi HTML yang anda gunakan adalah HTML versi 5.

– Baris Ke dua : <html>
Jelas, ini adalah sintak pembuka jika anda membuat sebuah halaman website dengan HTML syntax.

– Baris Ke Tiga <head>
Ini sebagai penanda bahwa atribut yang ada di dalam tag ini adalah header, seperti arsitektur manusia saja, ada kepala, badan dan kaki. Nah pada dasarnya ini adalah kepalanya halaman HTML. Saya rasa anda cukup faham maksut saya. Hahahahahaa.
– Baris Ke Empat <titile> Belajar HTML5 Dasar </title>
Ini adalah sebuah title dari halaman website anda. Letaknya ada di head bar halaman browser anda saat membuka halaman web ini. Selai sebagai identitas, atribut title ini juga memiliki fungsi besar dalam SEO (Search Engine Optimization) lho…

– Baris Ke Lima </head>
Layaknya sebuah pintu, ada pintu pembuka dan penutup. HTML juga punya sintak pembuka dan penutup. Nah, kalau atribut html, tag penutup pasti sama dengan tag pembukanya, hanya saja ada penambahan tanda garis miring sebelum teks atributnya. contohnya ya </head>.
– Baris Ke Enam <body>
Seperti yang sudah saya utarakan tadi, layaknya arsitektur manusia, kerangka website juga memiliki badan yang saat ini kita deklarasikan dengan atribut <body>.
-Baris Ke Tujuh
Ini hanya sekedar teks yang akan dimunculkan di halaman / kanvas web browser anda.
– Baris Ke Delapan dan Sembilan
Semuanya hanya sebagai atribut penutupnya saja dari atribut <body> dan atribut </html>.

Ingat, gunakan alur yang benar ya, jangan kebalik. Kalau kebalik atau penempatan atribut tidak sesuai, maka yang dihasilkan tidak akan sempurna sesuai dengan apa yang kita harapkan. Sebagai contohnya peletakan atribut yang salah adalah seperti ini.

<u> Teks ini akan bergaris bawah
<i> Teks ini akan tercetak miring / Italic </u>
</i>

Maka yang dihasilkan akan berantakan, silahkan coba sendiri. Dan inilah sintak yang benar :

<u> Teks ini akan bergaris bawah </u>
<i> Teks ini akan tercetak miring / italic </i>

Nah, bagaimana kawan, mudah kan. Semoga ini bermanfaat buat anda yang ingin belajar menjadi programmer web. Selamat belajar dan selamat berinprofisasi. Hehehe.

Advertisements

One thought on “Belajar Pemprograman HTML5 Dasar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s